https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
Sarana Kohesi pada Kolom Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka Edisi Mei 2023 dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas X SMA | Al Fath | SURYA BAHTERA

Sarana Kohesi pada Kolom Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka Edisi Mei 2023 dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas X SMA

Faiz Rafi Al Fath, Bagiya Bagiya, Umi Faizah

Abstract


Kesalahan kebahasaan merupakan kaidah linguistik yang menarik diteliti. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kesalahan kebahasaan terdapat pada wacana berita Line Today dan kohesi gramatikal pada Tajuk rencana. Namun, berdasarkan beberapa penelitiannya belum ada yang meneliti sarana kohesi pada kolom tajuk rencana harian Suara Merdeka edisi Mei 2023. Oleh karena itu, untuk mengisi kesenjangan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur kohesi yang meliputi unsur kohesi leksikal serta kohesi gramatikal dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran pada kolom tajuk rencana harian Suara Merdeka edisi Mei 2023 di Kelas X SMA. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wacana tajuk rencana pada harian Suara Merdeka edisi Mei 2023. Objek penelitian ini adalah kohesi tajuk rencana pada harian Suara Merdeka. Fokus penelitian ini adalah sarana kohesi pada tajuk rencana harian Suara Merdeka edisi Mei 2023 dan pelaksanaan pembelajaran di Kelas X SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak disertai dengan teknik catat. Instrument penelitian yang digunakan adalah kartu pencatat data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode agih. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis data adalah teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa unsur kohesi yang akan dibahas meliputi kohesi leksikal dan kohesi gramatikal pada tajuk rencana harian Suara Merdeka edisi Mei 2023. (1) Kohesi lesikal meliputi enam unsur, yaitu a) repetisi; b) sinonimi; c) antonimi; d) kolokasi; e) hiponimi; dan f) ekuivalensi; Kohesi gramatikal meliputi empat unsur, yaitu a) referensi; b) substitusi; c) elipsis; dan d) konjungsi. Rencana pelaksanaan pembelajaran kohesi relevan dengan pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas X SMA. Hal itu sesuai dengan kompetensi dasar 3.3 menganalisis struktur, isi, dan kebahasaan teks eksposisi yang didengar dana atau dibaca, dan 4.3 teks eksposisi secara lisan atau tulis dengan meperhatikan struktur dan kebahasaan.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Penadamedia Goup.

Alwi, Hasan, dkk, 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ke-4. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Prenada Media Group.

Eriyanto. 2011. Analisis Wacana Pengantar Teks Media. Yogyakarta: PT LkiS Perinting Cemerlang.

Fadilah., Fakhrudin, M., dan Bagiya. 2016 “Analisis Penggunaan Konjungtor pada Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka dan Penerapan pada Teks Eksposisi di kelas X SMA N 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Surya Bahtera, 4, 37. 5-35.

Karima, Puspa Mila. 2017. “Sarana Kohesi dan Gramatikal pada Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka edisi Desember 2015”. Jurnal Surya Bahtera. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kushartanti., Yuwono, Untung., & Multamina. 2007. Pesona Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lidiyaningsih, Lisvita. 2018. “Analisis Kohesi Wacana Berita Line Today dan Skenario Pembelajaran di Kelas X SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 13-45.

Mulyana. 2020. Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nurfitriani. 2018. “Analisis Kohesi dan Koherensi dalam Proposal Mahasiswa PBSI Tanggal 23 Desember 2014”. Jurnal Surya Bahtera, Vol 12, No 1.

Rusminto, Eko Nurlaksana. 2020. Analisis Wacana Kajian Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rustono., dan Fakhrudin. 2021. Bahasa Indonesia Untuk Komunikasi Akademis. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Setiawati, Eti., dan Rusmawati, Roosi. 2019. Analisis Wacana (Konsep, Teori, dan Aplikasi). Malang: UB Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Wahyuni, Nindia. 2014. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP dan Skenario Pembelajarannya di SMK.” Jurnal Surya Bahtera, Vol 2, No 16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.